FACHRUNNNISA NUR BADIYANTI. CINTA AYAH DAN MAMAH MENGUATKANKU

Minggu, 09 Desember 2012

ASKEB PADA IBU HAMIL


ASUHAN KEBIDANAN
PADA “NY.Y” G1P00000 USIA KEHAMILAN 29 – 30 MINGGU KEHAMILAN NORMAL
DENGAN MASALAH SERING PUSING
Di
PUSKESMAS CINTA BUNDA
2 OKTOBER 2012
 










FACHRUNNISA NUR BADIYANTI
P.27824211012
REGULER



KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SURABAYA
JURUSAN KEBIDANAN
PRODI DIII KEBIDANAN KAMPUS MAGETAN
MAGETAN
2011




TINJAUAN KASUS



I.            PENGKAJIAN DATA
A.    Pengumpulan Data
1.   Data Subyektif
a.    Biodata                              Istri                          Suami
Nama                                 : Ny. Y                     Tn. Y
Umur                                  : 25 tahun                 27 tahun
Agama                               : Islam                      Islam
Suku/Bangsa                      : Jawa/ Indonesia     Jawa/Indonesia
Pendidikan                         : SMA                      SMA
Pekerjaan                           : IRT                         Wiraswasta
Penghasilan                        : -                              Rp. 1.500.000,-/ bulan
Umur menikah                   : 24 tahun                 26 tahun
Lama/berapa kali menikah : 1tahun/ 1 kali         1 tahun/ 1 kali
Alamat                                                                : Ds.Geneng RT. 01 RW. 01   
                                             Ngawi
Tanggal pendataan             :  2 Oktober 2012     Pukul 16.30 WIB

b.   Keluhan Utama
Ibu hamil datang ingin memeriksakan kehamilannya yang sudah memasuki TM III dengan keluhan pusing
c.       Riwayat Kesehatan
1).    Riwayat penyakit yang lalu
Ibu mengatakan sebelum hamil tidak pernah menderita penyakit seperti batuk yang lama, berdahak dan keluar darah serta berkeringat pada malam hari (TBC), nafsu makan berkurang, kencing berwarna kuning kecoklatan seperti teh, mata kuning (Hepatitis), nafsu makan berkurang, berat badan berkurang drastis, sering kencing, banyak makan dan minum (DM), mudah lelah, konjungtiva palpabrae pucat (Anemia), penyakit tekanan darah tinggi (Hypertensi), bila terluka darah sulit membeku (Haemofili), keputihan yang berbau, gatal.
2).    Riwayat penyakit sekarang
Ibu mengatakan sebelum hamil tidak pernah menderita penyakit seperti batuk yang lama, berdahak dan keluara darah serta berkeringat pada malam hari (TBC), nafsu makan berkurang, kencing berwarna kuning kecoklatan seperti teh, mata kuning (Hepatitis), nafsu makan berkurang, berat badan berkurang drastis, sering kencing, banyak makan dan minum (DM), mudah lelah, konjungtiva palpabrae pucat (Anemia), penyakit tekanan darah tinggi (Hypertensi), bila terluka darah sulit membeku (Haemofili), keputihan yang berbau, gatal, berwana hijau kekuningan dan nyeri saat kencing atau keluar nanah (PMS) dan ibu tidak mempunyai binatang peliharaan kucing di rumah (TORCH).
3).    Pengobatan yang sedang/ pernah dialami
Ibu mengatakan tidak sedang menjalani pengobatan tertentu di fasilitas kesehatan. Ibu pernah batuk pilek saat hamil, sembuh setelah dibawa berobat. Ibu mengalami pusing  semingu terakhir.

d.      Riwayat kesehatan Keluarga
Ibu mengatakan dalam keluarga baik istri atau suami tidak ada yang menderita penyakit seperti batuk yang lama, berdahak dan keluara darah serta berkeringat pada malam hari (TBC), mata kuning (Hepatitis), nafsu makan berkurang, berat badan berkurang drastis, mudah sakit dan lama sembuhnya (AIDS), sering kencing, banyak makan dan minum (DM), mudah lelah, konjungtiva palpabrae pucat (Anemia), penyakit tekanan darah tinggi (Hypertensi), bila terluka darah sulit membeku (Haemofili), neyri dada, mudah lelah dan jantung berdebar-debar (Jantung), sesak nafas dan terdengar suara saat bernafas (Asma), keputihan yang berbau, gatal, berwana hijau kekuningan dan nyeri saat kencing nanah (PMS) dan keluarga ibu tidak mempunyai binatang peliharaan kucing di rumah (TORCH). Tidak ada riwayat keturunan kembar dan cacat bawaan.

e.       Riwayat Kebidanan
1).    Haid
Ibu mengatakan haid pertama kali umur 12 tahun, siklus haid 28-30 hari, lamanya 5-7 hari. Pada hari pertama dan kedua ganti pembalut 3-4 x sehari, selanjutnya ganti pembalut 2-3x sehari sampai haid hari terakhir. konsistensi encer, sedikit gumpalan, berwarna merah segar, kadang-kadang disertai nyeri pada hari pertama atau kedua. Setelah haid ibu mengalami keputihan + 2-3 hari warna putih bening, konsistensi encer, tidak berbau dan tidak gatal.
HPHT =  20 Maret 2012 (29 minggu)
HPL = 27 Desember 2012
2).    Keluarga Berencana
Ibu mengatakan tidak menggunakan alat kontrasepsi setelah menikah karena ingin segera memiliki anak. Setelah persalinan ini ibu berencana menggunakan KB suntik karena dirasa lebih murah dan aman.
3).    Kehamilan sekarang
Ibu mengatakan kehamilan anak yang pertama dengan usia kehamilan 29-30 minggu. Saat hamil muda, ibu merasa mual muntah selama 2 bulan pertama kehamilan dan hilang dengan sendirinya. Selama hamil ibu periksa rutin ke bidan tiap bulan sampai usia kehamilan 7 bulan dan tiap 2 minggu sekali sampai sekarang. Ibu merasakan gerakan janin pada usia kehamilan 5 bulan. Ibu mendapatkan imunisasi TT sebanyak 2 kali, pada usia kehamilan 5 bulan, dan usia kehamilan 6 bulan. Selama hamil ibu mendapat tablet tambah darah, vitamin, calcium, asam folat, dan DHA. Ibu mengatakan meminum semua tablet sesuai anjuran. Ibu sudah mendapat penyuluhan tentang senam  hamil, perawatan payudara, aktivitas sehari-hari, kebersihan badan dan pakaian. Ibu melakukannya sesuai nasehat yang diberikan bidan. Ibu mengatakan seminggu terakhir merasakan pusing saat beraktivitas.

f.       Pola kebiasaan sehari-hari
1)      Nutrisi
Sebelum hamil
Ibu mengatakan makan sehari 3 x  dengan menu sayur, lauk pauk dan buah ,ibu minum air putih kurang lebih 8 gelas perhari.
2)      Selama hamil
Nafsu makan ibu menurun pada masa awal kehamilan disebabkan mual dan muntah, namun bulan berikutnya kembali normal. Ibu mengatakan makan sehari 3 x  dengan menu sayur, lauk pauk dan buah ,ibu minum air putih kurang lebih 8 gelas perhari dan ditambah susu 1 gelas sehari teratur setiap pagi.
3)      Personal Hygiene
Sebelum hamil
Ibu mengatakan mandi 2 x sehari memakai sabun, gosok gigi 2 x sehari, keramas dua hari sekali. Ibu berganti pakaian dan celana dalam setelah sehabis mandi. Selesai BAK dan BAB ibu cebok dengan air bersih dari depan ke belakang.
Selama hamil
Ibu mengatakan mandi 2 x sehari memakai sabun, gosok gigi 2 x sehari, keramas dua hari sekali. Ibu berganti pakaian setelah sehabis mandi dan celana dalam setiap kali merasa basah. Selesai BAK dan BAB ibu cebok dengan air bersih dari depan ke belakang. Ibu melakukan perawatan payudara setiap kali mandi.



4)      Rekreasi
Sebelum hamil
Ibu mengatakan biasanya menonton TV bersama keluarga untuk mengisi waktu luang, mendengarkan radio.
Selama hamil
Ibu mengatakan biasanya menonton TV bersama keluarga untuk mengisi waktu luang,, mendengarkan radio dan ibu mengurangi pergi ke luar rumah atau ke tempat yang ramai.
5)      Aktivitas
Sebelum hamil
Ibu mengatakan setiap hari melakukan aktivitas sebagai ibu rumah tangga seperti memasak, mencuci, membersihkan rumah, menyetrika baju, menonton TV.
Selama hamil
Ibu mengatakan setiap hari melakukan aktivitas sebagai ibu rumah tangga seperti memasak, mencuci, membersihkan rumah, menyetrika baju, menonton TV, merawat anak, tetapi menghindari pekerjaan-pekerjaan berat dan melelahkan. Ibu melakukan jalan-jalan pagi bersama suami dan melaksanakan senam hamil 1 x seminggu.
6)      Istirahat tidur
Sebelum hamil
Ibu mengatakan tidur di malam hari pada pukul 22.00-05.00 WIB dan biasa tidur siang pukul 13.00-14.00 WIB
Selama hamil
Ibu mengatakan tidur di malam hari pada pukul 21.00-05.00 WIB dan biasa tidur siang pukul 13.00-14.00 WIB. Ibu mengatakan seminggu terakhir susah tidur karena merasakan pusing.
7)      Eliminasi
Sebelum hamil
BAB teratur 1 x sehari pada pagi hari, konsistensi lunak, warna kuning, tidak ada keluhan BAB. BAK 4-5 kali sehari, warna kuning jernih, tidak ada keluhan BAK.
Selama hamil
BAB teratur 1 x sehari pada pagi hari, konsistensi lunak, warna kuning, tidak ada keluhan BAB. BAK 5-6 kali sehari, urine warna kuning jernih, tidak ada keluhan BAK.
g.      Riwayat Ketergantungan
Ibu mengatakan baik sebelum dan selama hamil maupun suami, tidak pernah merokok, minum-minuman keras, jamu-jamuan.
h.      Dukungan sosial spiritual
Suami  dan keluarga baik dari istri maupun suami merasa sangat senang dan mengharapkan kehamilannya ini, kehamilannya dianggap sebagai anugerah dari Allah SWT yang harus dijalani. Ibu dan suami berharap kehamilan ini bisa berjalan dengan lancar sampai melahirkan normal. Ibu dan keluarga taat menjalanakan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Dalam keluarga yang mengambil keputusan adalah bersama-sama biasanya melalui perantara suami.
i.        Keadaan lingkungan social budaya
-          Ibu tidak pernah pijat ke dukun pada bagian perut selama hamil
-          Ibu tidak pernah minum jamu selama hamil
-   Di keluarga masih ada kebiasaan seperti tingkeban, 7 bulan bayi, brokohan, separara dan selapanan
-          Ibu akan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan
-          Ibu tinggal di rumah beserta suami
-          Di keluarga terbiasa bersalin di bidan
-          Di keluarga ada kebiasaan memendam tali pusat di dalam rumah
j.        Kehidupan seksual
Sebelum hamil    : ibu melakukan hubungan seksual 2x seminggu serta tidak ada  keluhan.
Selama hamil      : Ibu melakukan hubungan seksual 1x seminggu tak ada keluhan



2.    Data Obyektif
1.      Pemeriksaan Umum
a.    Keadaan umum         : Baik, kasadaran composmetris, tinggi badan sedang, postur tubuh lordosis.
b.    TTV
TD   : 120/70 MmHg
N     : 82 x/menit
S      : 36  o C
R     : 28 x/menit
c.         Anthropomethri
TB                           = 154 cm
BB sebelum hamil   = 47 kg    
BB Periksa terakhir 53 kg. (14 september 2012)
BB sekarang           = 54 kg
LILA                      = 27 cm

d.        Inspeksi
Kepala                   : Rambut bersih, warna hitam, bergelombang, tidak rontok, kulit kepala bersih tak ada luka    
Muka                     : Tidak sembab, tidak pucat, tidak ada cloasma gravidarum.   
Mata                      : Simetris, sklera putih, konjungtiva palpebra merah muda,  kelopak mata tidak oedem dan pandangan tidak kabur.
Hidung                  : Bentuk simetris, tidak ada skret dan polip, tidak ada pernapasan cuping hidung.
Gigi dan mulut      : Bibir kemerahan, tidak pecah-pecah/kering, tidak ada   epulis, stomatitis, tidak ada karies gigi, gigi bersih, rongga mulut bersih
Leher                     : Tidak ada pembesaran kelenjar tiroid, kelenjar limfe dan peningkatan tekanan vena jugularis
Thorax/payudara   : Bentuk simetris, tidak ada tarikan inter costa, pernapasan teratur, tidak ada wheezing dan ronchi, tidak ada kelainan jantung, denyut jantung teratur. Payudara  membesar, semitris ,terlihat pembesaran vena dibawah kulit,  tegang, putting susu menonjol, hiperpegmentasi pada areola dan papilla mamae, tidak ada benjolan abnormal dan keadaan payudara bersih, kolostrum belum keluar.
Abdomen              : Membesar ,membujur sesuai dengan usia kehamilan, tidak ada luka bekas operasi, terdapat linea nigra, strie albican, pergerakan janin + .
Genetalia               : Vulva  bersih, tidak ada pengeluaran pervaginam, tidak ada condiloma akuminata / condiloma matalata, tidak ada oedem, varises, pembesaran kelenjar bartholini maupun kelenjar skene. Anus tidak haemoroid.
Ekstremitas atas/bawah : simetris, jari-jari lengkap, kuku bersih, tidak pucat, tidak ada cacat, tidak oedem, tidak ada keluhan dari fungsi anatomi.

2.      Pemeriksaan Khusus
a.       Palpasi
Leopold I      : TFU merapat arcus costa, teraba bagian besar, kurang bundar, lunak dan tidak melenting. TFU 29 cm.
Leopold II     : Pada perut bagian kiri teraba bagian yang lurus, keras, memanjang seperti papan, bagian kanan teraba bagian kecil janin.
Leopold III   : Pada perut bagian bawah teraba bagian bulat, keras, ada lentingan.
Leopold IV   : Kedua tangan konvergen, kepala belum masuk PAP.
b.      TFU (Mc Donald)                = 20  cm
c.       TBJ (Jonson Tousak)             = (TFU -12) x 155
                                  = (20 -12) x 155
                                  = 1240 gr
d.      Auskultasi
DJJ = 11,12,13 (144 x/menit) keras, teratur,  punctum maksimum 3 jari kiri bawah pusat.
e.       Perkusi
Reflek patella            : +/+
f.       Pemeriksaan Panggul Luar
Distansia spinarum                = 24 cm
Distansia cristarum                = 28 cm
Bandeloque                           = 19 cm
Lingkar panggul                    = 84 cm
g.      Pemeriksaan laboraturium
Hb sahli                                 =12,5 gram %
Albumin dan reduksi            =  - / -
h.      Terapi yang yang pernah didapat
Kapsul tambah darah (20 tablet) 1 x 1
TT 2x
Momilen (vitamin, kalsium, asam folat) 10 tablet 1 x 1







B.     ANALISIS DATA
No.
Tanggal
Diagnosa/ masalah
Data Dasar
1.

















































2.
2 oktober 2012
















































2 Oktober 2012
G1P00000, hamil 29-30  minggu, tunggal, intra uteri, situs bujur, habitus fleksi, posisi panggung kiri, presentasi kepala, kepala belum masuk PAP, kesan jalan lahir normal, keadaan umum ibu dan janin baik. Prognosa baik.







































Pusing
S  : -   Ibu mengatakan ini hamil yang pertama.
-   Ibu mengatakan pergerakan anaknya dirasakan saat UK 5 bulan.
-   Ibu mengatakan :
HPHT = 20 Maret 2012
O : HPL = 27 Desember 2012
-      Keadaan umum ibu dan janin baik, kesadaran composmentis
-   Tanda Vital
T = 120/70 mHg
N = 82 x/ menit
S = 36 o C
R = 28 x/ menit
-          Antropometri
TB                               = 157 cm
BB sebelum hamil       = 47 kg    
BB Periksa terakhir    =53 kg.
BB sekarang               = 54 kg
LILA                           = 27 cm
-      Abdomen : membesar sesuai usia kehamilan, terdapat linea nigra dan hiperpegmentasi linea alba, tidak ada luka bekas operasi.
-          TFU Mc Donald = 20 cm
-          TBJ = 1240 gram
-          DJJ = 144 x / menit
-          Palpasi :
LI = TFU merapat arcus costal, pada fundus teraba bagian lunak, bundar, kurang melenting.
L II = Pada perut bagian kiri teraba bagian lurus, keras, memanjang seperti papan, bagian kanan teraba bagian kecil janin
L III = Pada perut bagian bawah teraba bagian yang keras, bundar, agak melenting, dapat digoyangkan.
L IV =Kedua tangan konvergen, kepala belum masuk PAP.
-      Pemeriksaan panggul luar
DS : 24 cm
DC : 27 cm
B : 19 cm
LP : 84 cm

S : ibu mengatakan sering mengalami pusing
O : kurang tidur dan sering melakukan pekerjaan berat






C.      DIAGNOSA MASALAH
G1P00000, hamil 29-30  minggu, tunggal, intra uteri, situs bujur, habitus fleksi, posisi panggung kiri, presentasi kepala, kepala belum masuk PAP, kesan jalan lahir normal, keadaan umum ibu dan janin baik
Prognosa : baik, sesuai hasil pemeriksaan tidak di temukan faktor resiko yang mempengaruhi kesejahteraan ibu dan janin namun ibu mengeluh jika dirinya sering pusing.

II.            PERENCANAAN
Tanggal : 2 oktober 2012     jam: 17.00
  1. Diagnosa/Masalah
G1P00000, hamil 29-30  minggu, tunggal, intra uteri, situs bujur, habitus fleksi, posisi panggung kiri, presentasi kepala, kepala belum masuk PAP, kesan jalan lahir normal, keadaan umum ibu dan janin baik
Prognosa : baik, sesuai hasil pemeriksaan tidak di temukan faktor resiko yang mempengaruhi kesejahteraan ibu dan janin namun ibu mengeluh jika dirinya sering pusing.

  1. Tujuan dan Kriteria
Tujuan :
-        Ibu dan janin sehat sampai persalinan
-        Ibu tidak merasa pusing lagi
Kriteria :
-          Keadaan ibu :
-          KU baik
-          TTV
TD : 90/60-130/80 mmHg.
S : 36-375C
N : 70-95 x/menit
R : 24-32 x/menit.
-          Hasil pemeriksaan lab:
Hb : ≥ 11 gr%.
Reduksi : (-)
Protein urine : (-)
-          Keadaan janin :
-          DJJ : frekuensi 120-160 x/menit Irama teratur
-          TFU sesuai usia kehamilan
-          Palpasi : Situs bujur, habitus fleksi, posisi penggung kanan, presentasi  kepala, janin bergerak aktif : ada 10 gerakan dalam jangka waktu 12 jam.
  1. Intervensi
1.      Lakukan pendekatan komunikasi terapeutik pada klien dan keluarga
R/ Dengan pendekatan terapeutik akan terjalin kerjasama dan kepercayaan paa petugas
2.      Jelaskan pada ibu tentang hasil pemeriksaan kehamilan dan perubahan fisiologis berupa pusing
R/ Ibu merasa lega dan mengetahui tentang keadaanya
3.      Diskusikan dan berikan penyuluhan kebutuhan dasar ibu hamil TM III meliputi : perawatan payudara, senam hamil, nutrisi, eliminasi, personal hygiene, dan aktivitas
R/ Dapat mengetahui sejauh mana pengetahuan ibu sehingga dapat diberikan penyuluhan yang tepat
4.      Jelaskan tentang tanda bahaya kehamilan trimester III
R/ Ibu mengerti dan bila terjadi sesuatu dapat mencari bantuan
5.      Jelaskan persiapan yang dibutuhkan saat persalinan (P4K)
R/ Mempersiapkan ibu dan keluarga menghadapi persalinan
6.      Anjurkan pada ibu untuk mengobservasi gerakan janin setiap hari
R/ Mendeteksi dii kelainan pada janin
7.      Beri zat besi dan vitamin
R/ Menjaga kondisi ibu tetap baik
8.      Anjurkan ibu periksa ulang 2 minggu lagi pada 16 Oktober 2012 atau sewaktu-waktu bila membutuhkan bantuan
R/ Pemeriksaan teratur kehamilan sehingga dapat mendeteksi bagaimana keadaan ibu.
9.      Anjurkan ibu untuk menambah istirahat dan mengurangi pekerjaan berat.
R/  Mengurangi keluhan pusing yang di alami ibu.

III.            PELAKSANAAN
Tanggal : 2 oktober 2012  jam : 17.15
Intervensi :
1.       Melakukan pendekatan komunikasi terapeutik pada klien dan keluarga
2.      Menjelaskan pada ibu tentang hasil pemeriksaan kehamilan bahwa keadaan ibu dan janin baik
a.       Usia kehamilan ibu 29-30 minggu
b.      TTV :
TD: 120/70 mmHg
S   : 36 o C
N  : 82 x / menit
R  : 28 x / menit
c.       Janin tunggal, hidup, DJJ dapat didengar
3.      Mendiskusikan kebutuhan dasar  ibu hamil TM III meliputi :
a.       Nutrisi
Fungsi makanan bagi ibu hamil :
-          Untuk pertumbuhan dan perkembangan janin
-          Persiapan untuk masa laktasi / menyusui.
Pada trimester III ibu sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti tahu, tempe, ikan, telur, ayam. Mengurangi minuman yang terlalu manis, menghindari minum jamu-jamuan, makan makanan dengan menu seimbang yaitu mengandung karbohidrat ,protein, vitamin, minum air putih minimal 8 gelas perhari dan minum susu minimal 1 gelas per hari.


b.      Personal Hygiene
-          Mandi memakai sabun supaya bersih, mandi tidak hanya membersihkan kulit, dan membuang kotoran tetapi juga untuk menyegarkan karena pembuluh darah terangsang, badan nyaman dan menambah tidur supaya nyenyak.
-          Pakaian longgar dan nyaman di pakai.
-          Vulva harus sering dibersihkan dengan air bersih, memakai pakaian dalam bersih, dan bila basah harus mengganti
-          Perawatan payudara selama hamil dipersiapkan, membersihkan putting dengan kasa,.
c.       Istirahat
Istirahat yang diperlukan adalah +  8 jam malam, 1 jam siang hari, ditambah istirahat 15 menit setiap 2 jam. walaupun tidak dapat tidur, sebaiknya berbaring saja untuk istirahat. Wanita hamil sebaiknya istirahat atau tidur dengan posisi miring kiri.
d.   Aktivitas
Wanita hamil boleh saja bekerja yang sifatnya ringan, dan tidak mengganggu kehamilan, jika merasa lelah dianjurkan untuk beristirahat.
e.       Senam hamil
Senam hamil sebaiknya mulai dilaksanakan sejak usia kehamilan 24-28 minggu
f.       Rekreasi
Tempat hiburan yang terlalu ramai atau penuh sesak lebih baik dihindari, bnisa menyebabkan pusing dan jatuh pingsan.
g.      Hubungan seksual dengan suami
Ibu dan suami diperbolehkan melakukan hubungan seksual dan dianjurkan memkai kondom. Tetapi, pada 2 minggu menjelang hari taksiran persalinan ibu dan suami diharapkan berhenti melakukan hubungan seksual.
4.      Menjelaskan tentang tanda-tanda persalinan, yaitu :
a.       Mules-mules yang teratur timbul semakin sering
b.      Keluarnya lender bercampur darah dari jalan lahir
c.       Keluarnya cairan ketuban dari jalan lahir
5.      Menjelaskan tentang tanda bahaya kehamilan trimester III
a.       Perdarahan pada hamil tua
b.      Bengkak di kaki, tangan, atau wajah disertai sakit kepala dan atau kejang
c.       Air ketuban keluar sebelum waktunya
d.      Gerakan bayi berkurang, atau tidak bergerak
6.      Mendiskusikan persiapan yang dibutuhkan saat persalinan (P4K)
a.       Penolong persalinan yaitu bidan atau dokter
b.      Tempat persalinan yaitu di rumah, di bidan, poskesdes, puskesmas, atau rumah sakit
c.       Pendamping persalinan
d.      Kendaraan atau transportasi
e.       Kebutuhan ibu dan janin
7.      Menganjurkan pada ibu untuk mengobservasi gerakan janin setiap hari, minimal 10 x dalam waktu 2 menit sampai 2 jam untuk mendeteksi dini apabila ada kelainan pada janin
8.      Memberikan zat besi dan vitamin serta cara meminumnya yang benar
9.      Menganjurkan ibu periksa ulang 2 minggu lagi pada 16 Oktober 2012   atau sewaktu-waktu bila membutuhkan bantuan.
10.  mengajurkan ibu untuk menambah istirahat dan mengurangi pekerjaan berat. Serta
-        Jelaskan pda ibu pnyebab pusing yaitu karena aktivitas ibu terlalu berat.
-        Ajarkan ibu cara bangun perlahan dari posisi istirahat
-        Anjurkan ibu untuk menghindari berdiri terlalu lama di lingkungan panas dan sesak
-        Jelaskan untuk menghindari posisi terlentang.



IV.            EVALUASI
Tanggal : 2 oktober 2012  jam : 17.30
S  :
-          Ibu mengatakan memahami penjelasan tentang gizi ibu hamil, aktivitas seksual, perawatan payudara.
-          Ibu mengatakan mengerti tentang persiapan persalinan.
-          Ibu dapat menyebutkan tanda-tanda persalinan, tanda bahaya dalam kehamilan.
-          Ibu mengatakan akan periksa ulang pada 16 Oktober 2012 atau sewaktu-waktu bila memerlukan bantuan
-          Ibu mengatakan akan menambah istirahat dan mengurangi pekerjaan.
O :
-          Ibu dapat menjelaskan kembali tentang makanan yang harus dimakan, yaitu gizi seimbang,aktivitas seksual, persiapan persalinan, tanda bahaya kehamilan.
-          Ibu dapat mendemonstrasikan kembali senam hamil dan perawatan payudara.
A :
-          G1P00000, hamil 29-30  minggu, tunggal, intra uteri, situs bujur, habitus fleksi, posisi panggung kiri, presentasi kepala, kepala belum masuk PAP, kesan jalan lahir normal, keadaan umum ibu dan janin baik
-          pengetahuan ibu tentang perawatan dirinya bertambah.
P  :
-          Pada kunjungan ulang 2 minggu lagi (16 Oktober 2012)
-          Evaluasi keluhan-keluhan pusing yang ibu rasakan.
-          Anjurkan ibu untuk meneruskan penjelasan yang diberikan.
-          Menanyakan kembali apakah ibu sudah melaksanakan penjelasan yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar